5+ Hal yang Berhubungan dengan Pencemaran Udara

Salah satu masalah yang sulit dihindari dalam era modernisasi seperti sekarang ini adalah berupa pencemaran udara. Hal itu dikarenakan sudah banyak daerah hijau yang berubah menjadi kawasan industri. Alih-alih mendapatkan keuntungan ekonomi, hal itu justru dapat merusak lingkungan sekitar.

Dampak Pencemaran Udara

1. Bagi Kesehatan

Debu yang tercemar di udara bisa mengakibatkan seseorang terserang penyakit paru-paru berupa bronkitis, dan penyakit saluran pernafasan yang lain. Sedangkan pencemaran zat kimia seperti karbon monoksida dapat mengakibatkan timbulnya gangguan kesehatan pada hemoglobinnya.

Hemoglobin sendiri adalah metaloprotein bertugas sebagai pengangkut O2 yang terdapat kandungan besi dalam sel-sel darah merah. Dampak dari pencemaran udara memang bisa berakibat fatal bagi kesehatan tubuh, bahkan data menunjukkan 3,2 juta kasus meninggal setiap tahunnya.

Data tersebut adalah kematian diakibatkan karena polusi udara dunia menurut WHO sebagai badan kesehatan dunia.

2. Bagi Ekonomi

Bank dunia menyampaikan hasil kajiannya bahwa terdapat dampak perekonomian di Indonesia yang diakibatkan dari pencemaran udara, yaitu sebanyak  1, 8 triliun rupiah (2015). Bahkan jumlah tersebut bisa saja semakin meningkat 5 atau 10 tahun kemudian.

3. Sosial

Udara sehat tidak bisa dinikmati lagi oleh banyak orang karena kualitas udara yang buruk dan tercemar. Aktivitas sosial bisa terhambat karena diakibatkan dari semua orang menghirup asap dan melihatnya.

4. Pendidikan

Polusi udara juga bisa berdampak terhadap dunia pendidikan para siswa di sekolah. Hal itu karena akan mengganggu kegiatan mereka, sehingga tidak dapat berpikir lebih jelas karena terhambat. Selain juga dapat mengakibatkan terhadap penyelesaian masalah.

5. Pertanian

Semua bidang kehidupan terkena dampak dari polusi udara, bahkan hingga sektor pertanian. Tanaman petani dapat rawan terserang penyakit karena pertumbuhannya terganggu.

Hal itu dikarenakan pohon tidak dapat melakukan fotosintesis secara sempurna. Penyakit yang mengintai tumbuhan para petani di antaranya seperti nekrosis dan klorosis.

6. Lingkungan

  • Hujan Asam

pH atau tingkat keasaman yang dimiliki hujan seharusnya berada pada angka 5, 6 dalam keadaan normal. Polusi udara yang diakibatkan dari reaksi No2 dan SO2 dengan air hujan akan mengakibatkan pembentukan asam serta pH air hujan menjadi turun.

Another Article :  Ukuran Kertas: Fungsi dan Jenis Kertas

Hujan asam tersebut bisa berdampak terhadap pengaruh kualitas air yang berada di permukaan. Selain itu hujan ini pun dapat melarutkan berbagai logam berat dalam tanah, sehingga berpengaruh terhadap kualitas baik air tanah maupun permukaan.

  • Efek Rumah Kaca

Efek rumah kaca ini disebabkan karena ada CFC, CO2, ozon, N2O dan metana yang berada di lapisan troposfer. Seluruh gas itu menyerap radiasi dari panas Matahari karena permukaan bumi memantulkan radiasi tersebut.

Hal itu berakibat pada panas terjebak dalam lapisan troposfer, sehingga mengakibatkan fenomena terjadinya pemanasan global. Dampak dari fenomena itu di antaranya seperti perubahan iklim, siklus hidup flora dan fauna, es di kutub mencair, serta permukaan air laut naik.

  • Lapisan Ozon Rusak

Lapisan ozon sebenarnya adalah pelindung bumi secara alami, fungsinya yaitu melakukan filter ultraviolet B yg dihasilkan matahari. Lapisan ozon pun terkena dampak berupa munculnya lubang-lubang.

Kerusakan tersebut mengakibatkan sinar UV matahari tidak ada yang menyaring, sehingga bisa mengakibatkan kanker kulit atau tanaman terserang penyakit.

Penyebab Pencemaran Udara

Polusi udara mengancam kebahagian

Pencemaran udara di Indonesia sendiri sudah mencapai persentase sebesar 70%. Hal itu adalah hasil emisi dari kendaraan bermotor, semakin banyak jumlahnya maka emisi pun juga semakin tinggi. Kendaraan tersebut mengeluarkan berbagai zat berbahaya dan berdampak negatif.

Baik lingkungan maupun manusia akan merasakan dampaknya secara tidak langsung. bahkan kendaraan bermotor menyumbangkan 100% timbal, hidrokarbon 71% hingga 89%, Nox sebesar 34% sampai 73%, serta yang lainnya.

CO yang dihasilkan kendaraan juga hampir seluruhnya menuju ke udara. Sumber utama debu adalah dari sampah rumah tangga yang dibakar, mencapai 41% sumber debu yang ada di Jakarta.sektor perindustrian juga menjadi sumber utama adanya kandungan sulfur dioksida di udara.

Perlu kamu ketahui bahwa tingkat pencemaran udara di seluruh dunia sangat mengkhawatirkan keadaannya. WHO juga berpendapat bahwa standar kualitas udara tidak sesuai standar yang telah ditetapkan pada beberapa negara pendapatan rendah maupun menengah.

Penyakit yang Sering Diderita Manusia Akibat Pencemaran Udara

Masalah besar bagi kesehatan lingkungan maupun manusia salah satunya berasal dari pencemaran udara. Bahkan ada yang beranggapan bahwa penyebab kanker adalah polusi udara lingkungan luar. Namun kanker ternyata bukan satu-satunya gangguan kesehatan karena polusi tersebut.

Gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh polusi udara di antaranya seperti:

1. ISPA (Inspeksi Saluran Pernapasan)

ISPA atau yang sering disebut dengan infeksi pada saluran pernapasan yang menimbulkan berbagai gejala seperti pilek, batuk, sesak napas disertai demam. Penyakit satu ini sangat rentan tertular kepada orang lain dan bisa dialami semua orang.

ISPA adalah penyebab utama dari mortalitas dan morbiditas tentang penyakit menular di dunia berdasarkan dari data WHO. Bahkan penyakit ini mengakibatkan hampir 4 juta jiwa meninggal karena terserang ISPA setiap tahunnya.

Another Article :  Sejarah Lengkap Kerajaan Majapahit yang Belum Banyak Diketahui

98% dari angka kematian tersebut meninggal karena wabah infeksi saluran pernapasan bagian bawah. Salah satu penyebabnya adalah diakibatkan dari polutan udara.

2. Asthmatic Bronchiale atau Asma

Asma adalah jenis penyakit kronis atau jangka panjang yang menyerang saluran pernapasan, ditandai dengan penyempitan dan peradangan saluran napas. Sehingga mengakibatkan kesulitan bernafas dan sesak jika seseorang terserang asma.

Penyempitan pada saluran pernapasan tersebut mengakibatkan gejala seperti batuk, sesak bagian dada dan napasnya. Saluran pernapasan akan lebih terasa sensitif bagi pengidap asma,  dibanding orang dalam keadaan normal lainnya.

3. Pneumonia atau Paru-Paru Basah

Paru-paru basah adalah penyakit diakibatkan dari terjadinya infeksi karena dipicu dari inflamasi pada alveolus atau kantong-kantong udara di salah satu bagian atau kedua paru-paru. Penyakit ini bisa disebabkan dari infeksi atau serangan jamur, virus maupun bakteri terhadap sistem napas.

Pneumonia sering diawali dengan gejala batuk, demam, serta sulit untuk bernapas. Tidak hanya menyerang anak-anak, bahkan orang dewasa hingga lansia juga dapat terjangkit penyakit ini. selain itu, kamu juga dapat terkena serangan jantung dan Bronchopneumonia karena tercemarnya udara.

Cara Mengatasi Pencemaran Udara

1. Mulai Mengurangi Pemakaian Kendaraan Bermotor

Seperti yang sudah disebutkan di atas, penyumbang polusi terbanyak berasal dari kendaraan bermotor di jalanan. Kamu bisa menghindari hal itu dengan mulai hidup sehat dengan mengurangi pemakaian kendaraan itu.

Gantilah dengan hal lainnya seperti bersepeda, selain mendapatkan manfaat kesehatan tubuh udara pun dapat berangsur membaik dari polusi.

2. Melakukan Penghematan energi

Produksi energi yang dihasilkan dari pembakaran fosil bisa mengakibatkan terjadinya polutan. Hal itu juga telah dibuktikan dengan beberapa penelitian oleh para ilmuwan bahwa masalah kesehatan timbul karena pembakaran bahan bakar fosil di bumi.

Kamu bisa memulai penghematan energi melalui cara pengurangan pemakaian alat elektronik di rumah maupun tempat bekerja. Misalnya seperti penggunaan AC hanya seperlunya saja, mencabut colokan ketika sudah tidak digunakan lagi, serta mematikan lampu rumah ketika sudah pagi.

3. Membeli Produk-Produk Daur Ulang

Pada setiap proses pembuatan sebuah barang yang disertai emisi, maupun bahan kimia. Kamu dapat mengurangi polusi dan penggunaan energi dapat lebih berkurang daripada sebelumnya.

4. Mulai Melakukan Penanaman Pohon

Pencemaran udara bisa dihambat melalui cara penanaman pohon, kamu bahkan bisa memulai langkah kecil dengan melakukannya di sekitar rumah. Hal itu tentunya sangat bermanfaat mengingat pohon mampu menurunkan kadar sulfur, CO, ozon, CO2 maupun zat bahaya lainnya

5. Mengkonsumsi Produk Organik dan Lokal

Perlu diketahui bahasa usaha industri adalah penghasil zat berbahaya seperti nitro oksida, amonia, metana konsentrasi tinggi, dan sebagainya. Jika sudah membentuk partikel halus dari zat-zat berbahaya, sistem pernapasan akan terganggu. Maka mulailah mencintai produk lokal dan organik.

Another Article :  Mengenal Seluk Beluk Olahraga Tenis Meja yang Menarik

Macam-Macam Pencemaran Udara

macam macam pencemaran udara

1. Secara Primer

Polusi udara secara primer adalah substansi pencemarnya ditimbulkan dari sumbernya langsung. misalnya seperti pada gas karbon monoksida, karena termasuk hasil pembakaran dari kendaraan bermotor.

2. Secara Sekunder

Secara sekunder, zat pencemar bisa terbentuk dari adanya reaksi pencemar primer di daerah atmosfer bumi. Contoh pencemaran udara sekunder adalah pada ozon yang terbentuk dari proses fotokimia.

Atmosfer sendiri adalah suatu sistem dinamik, rapuh, dan kompleks. Bahkan perhatian terhadap efek emisi pencemaran udara terhadap iklim global yang berubah serta tipisnya lapisan ozon semakin meningkat

Pengendalian Pencemaran Udara

Sebagai makhluk yang tinggal di bumi, hal yang harus dilakukan adalah kegiatan tentang pengendalian terhadap pencemaran dari udara itu sendiri. Apalagi jika menimbang penyebab polusi udara serta dampaknya.

Bumi harus dijaga dengan baik supaya keberlangsungan hidup bisa aman dan terjaga. Untuk itu, tindakan yang dapat dilakukan di antaranya seperti:

  • Pembuatan jalur hijau, yaitu berupa pohon-pohon ditanam di daerah kota besar supaya CO2 kembali terserap melalui fotosintesis dan daur oksigen. Hal itu karena karbon dioksida merupakan salah satu gas yang bisa mencemari udara.
  • Mengurangi pemakaian bahan bakar fosil untuk industri dan minyak bumi, listrik, dan sebagainya hal itu dilakukan untuk mengurangi jumlah limbah udara yang kemudian terlepas menuju atmosfer.
  • Mulai memanfaatkan energi alternatif yang bersifat ramah lingkungan, seperti energi surya biogas, atau bisa juga energi dari panas yang dihasilkan oleh bumi.
  • Melakukan pengawasan dan penjagaan ketat terhadap wilayah hutan yang rawan mengalami kebakaran.
  • Membuat peraturan tentang larangan melakukan pembakaran hutan demi alasan apa saja, meskipun hendak membersihkan lahan pertanian maupun membuka lahan baru.
  • Mengurangi pencemaran radioaktif melalui cara tidak melakukan kegiatan percobaan nuklir, apalagi secara masif.

Solusi Pencemaran Udara

Kamu bisa mencoba solusi pencemaran pada udara dengan melakukan hal-hal sebagai berikut:

  1. Memilih untuk memakai transportasi umum daripada mengendarai kendaraan bermotor, supaya mengurangi terjadinya polusi.
  • Mengurangi pemakaian barang elektronik, sehingga dapat mengurangi jumlah dari pembakaran bahan fosil yang semakin langka.
  • Memahami konsep 3R (Reduce, Reuse, Recycle).
  • Mulai menggunakan energi bersih seperti angin,matahari, panas bumi yang merupakan energi alami.
  • Pemakaian panel surya sebagai bentuk penekanan polusi udara.

Kamu juga bisa memulai langkah-langkah mencegah dan solusi untuk mengurangi udara yang tercemar seperti uraian di atas. Selain itu, kamu pun disarankan untuk memakai perangkat hemat energi. Hal itu karena konsumsi terhadap listrik menjadi lebih sedikit daripada perangkat lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *