Menelusuri Lebih Dalam Bahaya Efek Rumah Kaca

HOWEL – Hidup di bumi memang sudah satu paket dengan berbagai masalah di dalamnya. Namun siapapun yang tinggal di bumi maka pastinya menyadari perubahan yang terjadi bumi semakin terasa kuat. Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa kondisi bumi memang semakin tidak nyaman ditempati dari waktu ke waktu. Hal tersebut bisa terjadi karena berbagai faktor yang menimpa bumi. Salah satu faktor yang sudah tidak bisa ditutup mata lagi adalah kehadiran efek rumah kaca. Kehadiran efek rumah kaca ini membuat kondisi bumi menjadi semakin panas dari tahun ke tahun. Efek yang pastinya bisa Anda langsung rasakan akhir-akhir ini.

Masalahnya adalah masih banyak orang yang menutup mata tentang bahaya efek rumah kaca. Bahkan sebagian lainnya yang masih tidak tahu-menahu tentang efek rumah kaca. Padahal bahaya dari efek rumah kaca sedang menanti di depan mata kamu lho. Jadi penting sekali bagi kamu untuk mulai menyadari dan memahaminya. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan memahami terlebih dulu pengertian dan penjelasan dari efek rumah kaca ini. Soalnya akan menjadi sia-sia belaka apabila kamu hanya mengetahuinya secara tidak lengkap. Dengan mengetahui secara lengkap maka kamu tidak akan lagi antipati terhadap kondisi bumi. Bahkan tidak menutup kemungkinan, kamu bisa mengambil langkah tepat untuk mengurangi dampak negatif efek rumah kaca ini. Untuk itulah, Anda bisa menelusuri lebih dalam bahaya efek rumah kaca seperti berikut ini.

Pengertian Efek Rumah Kaca

Sebelum melangkah terlalu jauh tentunya penting sekali bagi kamu untuk mengetahui terlebih dulu definisi dari efek rumah kaca. Soalnya tanpa mengetahui terlebih dulu definisinya tentunya akan menjadi sulit bagi kamu untuk mengetahui bahaya dari efek rumah kaca ini. Seperti namanya, efek rumah kaca ini merujuk langsung pada rumah yang terbuat dari kaca. Bisa dibilang, setiap sisi dari bangunan rumah tersebut terbuat dari bahan kaca. Rumah kaca ini sendiri biasanya dimanfaatkan oleh para petani untuk tempat menanam berbagai tanaman. Dengan berbagai sisi bangunan yang terbuat dari kaca maka membuat sinar matahari bisa masuk secara maksimal. Hal inilah yang kemudian membuat rumah kaca ini memiliki suhu yang tetap hangat di siang hari dan juga malam hari. Sesuatu yang kemudian berdampak pada pertumbuhan tanaman yang menjadi baik.

Apabila hal itu diaplikasikan pada tanaman tentunya akan memiliki dampak yang positif. Namun cerita akan menjadi lain ketika diaplikasikan pada bumi. Efek rumah kaca ini adalah kondisi dimana panas matahari akan terperangkat atmosfir bumi. Apabila dalam kondisi normal maka sinar matahari pada siang hari akan membuat hangat bumi dan untuk malam hari akan menjadi dingin seperti seharusnya. Tapi dengan kondisi efek rumah kaca ini maka terperangkapnya panas matahari pada atmosfir bumi akan menciptakan banyak sekali perbedaan. Perbedaan tersebut adalah ketika siang hari maka kondisi akan panas sekali dan ketika malam hari juga masih sama panasnya. Sebuah kondisi yang tergolong tidak normal dan juga membuktikan bahwa kondisi bumi sedang tidak baik-baik saja. Sesuatu yang jelas mesti diwaspadai oleh setiap penghuni bumi di belahan negara manapun. Karena efek rumah kaca ini bukan hanya akan menimpa sebagian negara saja tapi seluruh negara yang ada di bumi ini.

Proses Terjadinya Efek Rumah Kaca

Setelah kamu mengetahui definisi dari efek rumah kaca maka jangan senang terlebih dulu. Soalnya penjelasannya masih panjang lagi. Penjelasan berikutnya yang mesti kamu ketahui adalah proses terjadinya efek rumah kaca ini. Karena tentunya efek rumah kaca ini tidak terjadi dengan begitu saja tapi melalui sebuah proses terlebih dulu. Proses terjadinya efek rumah kaca ini disebabkan dari berbagai aktivitas yang kemudian menimbulkan gas efek rumah kaca. Gas efek rumah kaca inilah yang kemudian memperangkap panas matahari di atmosfir bumi.

Sebenarnya efek rumah kaca ini tergolong normal dan wajar saja terjadi. Namun dengan catatan bahwa tidak terlalu berlebihan. Masalahnya adalah efek rumah kaca pada bumi sudah berada di ambang yang berbahaya. Pada titik yang lebih ekstrim lagi maka efeknya bukan hanya merusak lingkungan tapi juga menghilangkan ribuan nyawa.

Penyebab Efek Rumah Kaca

Apabila mengingat dampak yang dari efek rumah kaca yang berbahaya pastinya membuat kamu penasaran kenapa efek rumah kaca ini bisa terjadi? Tentunya efek rumah kaca ini bisa terjadi karena berbagai penyebabnya. Bagi kamu yang penasaran dan ingin tahu, akan dijelaskan penyebab efek rumah kaca seperti berikut ini.

1. Penebangan dan Pembakaran Hutan

Penyebab pertama yang diketahui memicu munculnya efek rumah kaca adalah penebangan dan pembakaran hutan. Sudah bukan menjadi isapan jempol belaka bahwa kasus penebangan hutan ilegal dan pembakaran hutan makin marak akhir-akhir ini. Nyatanya hal tersebut memiliki sumbangsih terhadap tingginya efek rumah kaca tersebut pada bumi. Bukan tanpa alasan karena ketika hutan ditebang dan dibakar maka akan meningkatkan gas efek rumah kaca yang menyebabkan pemanasan global.

2. Penggunaan Bahan Bakar Fosil

Nyatanya penggunaan bahan bakar fosil secara berlebihan dapat meningkatkan konsentrasi gas rumah kaca yang ada di bumi. Hal tersebut tidak lepas karena bahan bakar fosil ini memiliki kandungan karbomonoksida sehingga menyebabkan pemanasan global.

3. Pencemaran Laut

Fungsi laut terhadap bumi terbilang cukup besar. Salah satu peran besarnya adalah untuk bisa mengikat karbondioksida di bumi. Namun dengan kondisi laut yang tercemar maka tugasnya tidak bisa dilakukan secara maksimal. Hal tersebutlah yang kemudian membuat efek rumah kaca makin memburuk di bumi.

4. Pupuk pada Industri Pertanian

Pupuk dan indsutri pertanian sepertinya adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan antara satu sama lain. Setiap petani pasti sepakat bahwa pemberian pupuk ini dapat meningkatkan kualitas tanaman. Sayangnya pemberian pupuk ini tidak selamanya memiliki dampak baik. Dampak buruk yang diberikan oleh pupuk ini adalah melepaskan gas nitrous oxide ke atmosfir bumi. Hal tersebutlah yang kemudian memunculkan efek rumah kaca yang berbahaya.

5. Semakin Banyaknya Limbah

Dengan kemajuan zaman membuat banyak sektor mesti bekerja dengan cepat. Hal tersebut nyatanya memberikan banyak efek negatif. Salah dampak negatif utamanya adalah semakin banyaknya limbah yang bermunculan Diawali dengan limbah industri dan tambang seperti industri semen hingga pertambangan batu bara. Nyatanya industri tersebut menciptakan karbondioksida tinggi yang memicu terjadinya efek rumah kaca. Berikutnya adalah limbah rumah tangga yang juga mengambil peranannya sendiri. Hal tersebut tidak bisa dilepaskan karena limbah rumah tangga ini menghasilkan gas methana dan karbondioksida secara bersamaan. Kombinasi tersebutlah yang kemudian memberikan dampak langsung terjadinya efek rumah kaca yang dirasakan oleh banyak penduduk bumi akhir-akhir ini.

Proses Efek Rumah Kaca

Proses Efek Rumah Kaca

Sebenarnya efek rumah kaca ini juga adalah hal yang penting dan juga dibutuhkan oleh bumi. Soalnya dengan adanya efek rumah kaca ini maka akan mencegah bumi menjadi terlalu dingin karena adanya panas matahari yang tersimpan dengan baik. Satu hal yang menjadi masalah sekarang ini adalah efek rumah kaca ini sudah di tahap berlebihan dan juga berbahaya. Tentunya semua tidak lepas karena akumulasi berbagai faktor yang membuat efek rumah kaca berada di ambang batas bahaya seperti sekarang ini. Hal tersebut tidak lepas dari proses efek rumah kaca yang terus terjadi dan kebanyakan tidak bisa dilepaskan dari campur tangan manusia. Proses efek rumah kaca menjadi sangat cepat dan kemudian berada di tahap ambang berbahaya karena memang tindakan pencemaran yang berlebihan.

Sederhananya adalah proses efek rumah kaca adalah keluarnya gas kaca yang kemudian menyelimuti atmosfir bumi. Gas kaca ini sendiri terdiri dari karbondioksida, metana hingga nitrogen dioksida. Kombinasi gas tersebutlah yang kemudian menciptakan gas kaca seperti yang dikenal sekarang ini. Apabila konsentrasi gas kaca tersebut terlalu tinggi maka kemudian menimbulkan global warming seperti yang dikenal sekarang ini.

Dampak Efek Rumah Kaca

Dari tadi terus membahas tentang dampak negatif dari efek rumah kaca ini. Hal ini tentunya penting untuk diketahui untuk membuat kamu mulai memahami dan juga menjadi lebih waspada. Nah lalu apa saja dampak dari efek rumah kaca ini? Bagi kamu yang penasaran, berikut ini akan dijelaskan secara jauh lebih lengkap.

1. Terjadinya Pemanasan Global

Dampak efek rumah kaca yang pertama adalah terjadinya pemanasan global yang tentunya sudah mulai dirasakan. Bahkan pemanasan global ini sendiri sudah menjadi perbincangan hangat di mana-mana. Hal tersebut tidak lepas karena dampak dari pemanasan global ini memang tidak main-main lagi. Soalnya pemanasan global ini membuat suhu di bumi menjadi sangat tinggi atau sangat panas. Apabila terus dibiarkan maka bisa mengakibatkan banyak makhluk hidup yang tidak mampu bertahan hidup lagi.

2. Mencairnya Es di Kutub

Seperti yang diketahui bahwa kutub utara dan kutub selatan identik dengan es yang menyelimuti daerah tersebut. Nyatanya keberadaan dari es yang ada di Kutub tersebut juga menjaga keseimbangan bumi. Namun efek dari rumah kaca ternyata bisa mengakibatkan cairnya es di kutub. Hal ini apabila sampai terjadi maka bisa dipastikan akan terjadi banjir besar-besaran di bumi.

3. Meningkatknya Ketinggian Air Laut

Kondisi panas yang diakibatkan dari efek rumah kaca jelas akan membuat air laut mendapatkan dampaknya. Salah satu dampak yang jelas akan terjadi adalah meningkatnya ketinggian air laut. Peristiwa meningkatnya air laut ini tergolong sangat berbahaya karena bisa mengancam keselamatan banyak nyawa.

4. Laut Menjadi Semakin Asam

Nyatanya laut kembali mendapatkan dengan adanya efek rumah kaca ini. Dampak kali ini adalah efek rumah kaca ini akan membuat laut menjadi semakin asam. Dengan kondisi laut yang terlalu asam ini maka akan merusak ekosistem di laut.

5. Lapisan Ozon yang Terus Berkurang

Sedangkan dampak terakhir dari efek rumah kaca ini adalah membuat lapisan ozon terus berkurang. Padahal lapisan ozon ini sendiri terbilang sangat penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung. Tanpa adanya lindungan dari lapisan ozon ini maka bisa dipastikan bahwa paparan sinar matahari akan menjadi sangat berbahaya bagi manusia.

Mekanisme Efek Rumah Kaca

Meski begitu, seringkali masih ada yang bertanya tentang mekanisme terjadinya efek rumah kaca ini. Bukan tanpa alasan karena ternyata masih banyak yang merasa bingung dengan penjelasan yang terlalu rumit. Nah bagi kamu yang ingin mendapatkan penjelasan lebih sederhana maka mekanisme efek rumah kaca diawali dengan segala kegiatan yang mengakibatkan karbondioksida seperti pembakaran hutan atau industri limbah. Gas karbondioksida yang dihasilkan tersebut kemudian menumpuk di lapisan atmosfir bumi. Hal inilah yang kemudian menghalangi panas matahari yang seharusnya bisa dikeluarkan. Dampaknya adalah suhu bumi yang meningkat dan kemudian menyebabknya terjadinya global warming.

Efek Rumah Kaca dan Pemanasan Global

Bisa dibilang, efek rumah kaca dan juga pemanasan global adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan antara satu sama lain. Munculnya pemanasan global juga adalah dampak dari efek rumah kaca. Seperti yang diketahui bahwa selaam ini masih banyak orang yang hanya lebih mengenal pemanasan global daripada efek rumah kaca. Padahal munculnya pemanasan global ini adalah terjadinya efek rumah kaca yang tidak diatasi dengan baik. Sesuatu yang pastinya akan sangat mengancam bumi.

Gas yang Menyebabkan Efek Rumah Kaca

Apabila mengingat bahayanya efek rumah kaca pastinya membuat banyak orang yang bertanya-tanya tentang gas penyebabnya. Untuk gas penyebab dari efek rumah kaca ini tergolong beragam. Mulai dari uap air, karbondioksida, metana, nitrogen oksida hingga beberapa gas lainnya. Semua gas tersebutlah yang kemudian saling berkombinasi untuk menciptakan efek rumah kaca pada bumi.

Contoh Efek Rumah Kaca

Seringkali banyak orang yang meremehkan efek rumah kaca ini karena dampaknya dianggap tidak akan dirasakan langsung. Untuk itulah, orang-orang yang seperti ini membutuhkan contohnya langsung yang dirasakan sehari-hari. Contoh efek rumah kaca yang bisa dirasakan langsung adalah suhu Bumi yang makin meningkat dan makin terasa panas. Bahkan di kondisi malam hari sekalipun yang seharusnya suhu bumi menjadi lebih sejuk.

Manfaat Efek Rumah Kaca

Apabila melihat poin-poin di atas maka efek rumah kaca seringkali berkonotasi negatif. Padahal nyatanya ada manfaat efek rumah kaca ini. Manfaat rumah kaca tersebut adalah mampu membuat bumi menjadi tempat yang lebih hangat untuk bisa ditempati. Tanpa adanya efek rumah kaca ini maka suhu di bumi bisa mencapai minus 18 derajat celcius. Tentunya dengan catatan bahwa efek rumah kaca ini masih berada di ambang normal.

Solusi Efek Rumah Kaca

Menemukan solusi untuk mengatasi efek rumah kaca ini memang adalah hal yang penting. Apalagi kalau mengingat bahaya yang besar yang mengintai apabila efek rumah kaca ini terus dibiarkan. Sayangnya, belum ada solusi yang diketahui benar-benar ampuh untuk mengatasi efek rumah kaca ini. Sebagai gantinya, manusia hanya bisa melakukan cara pencegahan agar efek rumah kaca tetap bisa dijaga di ambang normal.

Cara Mencegah Efek Rumah Kaca

Cara Mengatasi Efek Rumah Kaca Paling Sederhana

Untuk mencegah efek rumah kaca sendiri terbilang tidak terlalu rumit. Diawali dengan kamu yang bisa mulai menghemat listrik agar penggunannya tidak terlalu boros. Lalu dilanjutkan dengan mulai rutin menanam pohon dan menjaga kelestarian alam. Selain itu, jangan lupa untuk muali menggunakan kendaraan yang ramah lingkungan. Semua hal tersebut apabila dilakukan secara baik dan juga masif maka bisa mencegah efek rumah kaca yang berbahaya.

kamu bisa baca artikel selanjutnya tentang sejarah kerajaan majapahit

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat kamu lebih paham tentang menelusuri lebih dalam bahaya efek rumah kaca. Jadi setelah kamu mengetahuinya maka sudah tidak bisa lagi memandang sebelah mata terhadap efek rumah kaca dan kondisi bumi sekarang ini. Bahkan lebih baik lagi, kalau kamu mulai mengambil langkah nyata untuk mulai menyelamatkan bumi sebelum nantinya terlambat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *