Mengenal Seluk Beluk Olahraga Tenis Meja yang Menarik

HOWEL – Olahraga seringkali erat kaitannya dengan kegiatan yang membosankan dan hanya membuat sakit badan saja. Apakah kamu termasuk ke dalam golongan orang yang berpikiran sama seperti itu? Jika iya, jangan sampai berlarut-larut karena itu akan merugikan dirimu sendiri lho. Kenapa bisa begitu? Alasannya sederhana saja karena mengingat penting dan manfaat yang dimiliki dari berolahraga. Mulai dari menyehatkan badan hingga mengindarkan tubuh dari berbagai risiko penyakit berbahaya. Jadi alih-alih kamu meninggalkan olahraga karena dianggap membosankan maka sebaiknya kamu mulai memilih olahraga yang tepat. Pilihlah jenis olahraga yang menyenangkan dan bisa membuat kamu sehat dalam waktu bersamaan.

Dari beberapa jenis olahraga yang ada maka kamu bisa menjatuhkan pilihan pada olahraga tenis meja seperti yang satu ini. Soalnya olahraga tenis meja bukan hanya akan menguras keringatmu tapi juga akan membawa keseruan. Bayangkan saja, kamu bisa melawan satu orang di sebuah meja kecil dengan tingkat intensitas dan juga keseruan yang tinggi. Pastinya jenis olahraga tersebut tidak akan membuat kamu bosan ketika memainkannya. Namun tentunya memainkan permainan olahraga tenis ini akan terasa kurang apabila kamu tidak mengenalnya terlebih dulu. Tak ubahnya sebuah pepatah yaitu: “Tak Kenal Maka Tak Sayang”. Hal yang sama juga berlaku untuk olahraga tenis ini. Tenang saja, untuk kamu yang ingin lebih kenal akan dijelaskan mengenali seluk beluk olahraga tenis yang menarik seperti berikut ini.

Sejarah Tenis Meja

Untuk lebih bisa mengenali tenis meja ini maka ada baiknya bagi kamu untuk mengenali sejarahnya terlebih dulu. Tak ubahnya jenis atau cabang olahraga yang lain maka tenis meja juga memiliki sejarah panjang lho untuk proses penciptaannya. Awalnya sendiri olahraga ini lebih dikenal dengan nama olahraga Ping-Pong. Permainan ini sendiri sudah dikenal pada abab 19 yang lalu di negara Inggris dengan nama Ping-Pong yang masih mendunia di berbagai negara. Penyebutan ini mulai bergeser ketika salah satu perusahaan Inggris yaitu J. Jaques and Son. Ltd mengguakan nama Ping-Pong sebagai merek dagang sekitar tahun 1900 yang lalu. Jadi hanya pihak yang menggunakan produk langsung dari perusahana tersebutlah yang boleh menggunakan nama Ping-Pong. Hal tersebutlah yang kemudian membuat banyak pihak mencari nama lain dari jenis olahraga tersebut. Hingga kemudian beberapa pihak berhasil menggunakan nama tenis meja untuk jenis olahraga itu.

Apabila mengingat pada tahun tersebut, maka banyak warga Inggris yang biasanya memilih jenis olahraga tersebut setelah selesai makan malam. Tentunya kamu jangan membayangkan olahraga tenis meja pada masa itu akan secanggih dan selengkap seperti sekarang ini. Kalau kamu memiliki bayangan seperti itu maka siap-siap saja kecewa. Soalnya olahraga tenis meja pada masa tersebut terbilang sangat sederhana sekali lho. Bahkan mereka hanya memanfaatkan benda-benda sekitar untuk kemudian disulap menjadi pemainan tenis meja. Sebut saja seperti buku yang kemudian disusun sedemikian rupa untuk menyerupai net. Lalu buku lainnya digunakan sebagai pemukul sedangkan bola menggunakan bola golf. Seiring perkembangan zaman maka modernisasi juga ikut berdampak pada olahraga tenis meja ini hingga bisa dikenal seperti sekarang.

Proses modernisasi olahraga tenis meja ini juga tidak sekejap mata lho. Membutuhkan proses yang cukup panjang hingga bisa diturnamenkan seperti sekarang. Semuanya diawali ketika berdirinya TTA yang merupakan singkatan dari Table Tenis Asociation pada sekitar tahun 1921 yang lalu dan juga diikuti dengan ITTF hingga USAT. Semua organisasi yang berfokus pada tenis tersebut semakin menyuburkan kegiatan tenis meja di berbagai belahan penjuru dunia. Puncaknya adalah ketika pada tahun 1926 diadakannya turnamen tenis meja yang pertama kali diadakan di London, Inggris. Sedangkan untuk negara Indonesia sendiri maka semuanya diawali ketika pada PON tahun 1948 yang lalu. Semenjak itu, perkembangan tenis meja di Indonesia terus menunjukan kepesatannya dan semakin disukai oleh banyak orang.

Lapangan Tenis Meja

Setiap cabang olahraga apapun pastinya membutuhkan lapangan sebagai tempat atau lokasi pertandingan. Hal yang sama juga berlaku untuk olahraga tenis meja ini. Untungnya, tidak seperti cabang olahraga kebanyakan yang seringkali membutuhkan lapangan luas maka olahraga ini menjadi pengecualian. Bahkan di lapangan olahraga tenis meja ini nyatanya ukuran yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Jadi bagi kamu yang ingin bermain olahraga tenis meja tapi memilki tempat yang terbatas maka tidak perlu khawatir. Soalnya dari tempat yang terbatas tersebut bisa disulap menjadi lapangan tenis meja sesuai kebutuhan kamu lho.

Teknik Dasar Tenis Meja

Bagaimana? Apakah kamu sudah menyiapkan lapangan untuk bermain tenis meja? Jika sudah, sekarang bersiaplah untuk mulai bermain tenis meja. Namun kamu sudah bisa atau belum bermain tenis meja? Jika jawabannya belum, maka tidak perlu malu karena kamu bisa belajar dari sekarang. Untuk bisa bermain tenis meja ini maka penting sekali bagi kamu untuk memahami teknik dasar tenis meja terlebih dulu. Tidak usah bingung, karena akan dijelasakan seperti berikut.

  • Teknik Memegang Bet yang Benar

 Teknik pertama dari bermain tenis meja adalah memahami memegang bet yang benar terlebih dulu. Tanpa mengetahui cara memegang bet yang benar maka akan sulit bagi kamu untuk bisa bermain tenis meja dengan benar. Teknik dalam memegang bet ini sendiri terbagi dalam tiga bagian yang berbeda. Bagian yang pertama adalah shakehand grip yaitu teknik memegang bet yang menyerupai genggaman tangan. Bisa dibilang, teknik yang satu ini paling banyak digunakan karena dianggap paling mudah untuk dipraktikan.

Teknik berikutnya adalah Penhold Grip yang membuat kamu akan seperti memegang pensil atau pulpen. Teknik ini terbilang cukup sulit dan memang membutuhkan keahlian khusus. Namun apabila kamu berhasil menguasainya maka akan banyak sekali keuntungan yang didapatkan. Terutama keuntungan yaitu pukulan yang kamu hasilkan akan sulit ditebak dan pastinya akan menyulitkan lawan. Hal inilah yang bisa meningkatkan kemungkinan kamu untuk bisa menang. Sedangkan teknik yang terakhir adalah Seemiler grup. Bisa dibilang, teknik ini adalah teknik yang paling banyak digunakan oleh para pemain profesional dari tenis meja. Sudut kemiringan yang pas memang membuat teknik ini memang sangat cocok digunakan oleh para pemain profesional.

  • Lakukan Posisi Tubuh yang Tepat

Jika kamu merasa bahwa teknik memegang bet salah satunya sudah bisa kamu kuasai maka hal berikutnya adalah mengetahui posisi tubuh yang tepat. Kamu jangan sampai menganggap enteng posisi tubuh lho. Bukan tanpa alasan karena apabila kamu sampai menggunakan posisi tubuh yang salah maka akan menyulitkan dirimu sendiri ketika bermain tenis meja. Lantas bagaimana sih posisi tubuh yang tepat untuk bermain tenis meja? Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya.

  1. Teknik Bersiap Siaga

Diawali dengan teknik bersiap siaga terlebih dulu nih yang mesti kamu kuasai. Seperti namanya, teknik ini akan mempelajari cara bersiap ketika akan melakukan olahraga tenis meja. Biasanya teknik siaga ini akan dibagi dalam dua bagian yaitu square stance dan side stance. Untuk square stance maka teknik yang mempelajari tentang positioning. Pada posisi ini maka tubuh akan mengarah ke meja untuk bersiap menerima bola servis. Sedangkan untuk side stance adalah posisi menyamping ke bagian kiri untuk lebih mempermudahkan posisi melakukan penyerangan ke lawan.

  • Teknik Gerakan Kaki

Tidak berhenti sampai di situ saja lho tapi kamu juga mesti mempelajari teknik gerakan kaki secara benar. Teknik ini terbilang sangat vital karena akan mempengaruhi permainan dari tenis meja kamu. Sebenarnya ada beberapa teknik yang bisa digunakan untuk gerakan kaki ini. Namun ada satu teknik yang paling banyak digunakan yaitu teknik two steeps. Dengan teknik ini maka kamu melakukan gerakan lutut yang sedikit ditekuk. Untuk berat badan sendiri akan ditumpu pada kedua kaki dengan ujung kaki yang menjadi pusatnya. Tidak sulit bukan, untuk dilakukan?

  • Teknik Memukul Bola

Pada tenis meja untuk bisa mendapatkan poin tentunya adalah dengan cara memukul bola. Dalam memukul bola tentunya tidak bisa kamu lakukan sembarangan. Ada dua jenis teknik memukul bola yang mesti kamu ketahui. Teknik pertama tersebut adalah pukulan forehand atau yang biasa disebut dengan pukulan backhand lurus. Sedangkan teknik yang kedua adalah teknik forehand.

  • Teknik Melakukan Servis

Sebelum pertandingan olahraga tenis meja dimulai maka setiap pemain tentunya mesti melakukan servis terlebih dulu. Meskipun dianggap mudah tapi tentunya melakukan servis tidak bisa dipandang sebelah mata begitu saja. Kamu mesti mengetahui teknik dalam melakukan servis yang baik dalam olahraga tenis meja. Servis yang benar adalah dengan memposisikan bola berada di telapak tangan dan kemudian bola dilambungkan. Lantas bola dipukul turun ke arah lawan. Namun pastikan bahwa pihak lawan melihat bola ini. Soalnya apabila tidak melihatnya maka bisa dianulir oleh wasit sebagai bentuk pelanggaran.

  • Teknik Melakukan Smash

Sedangkan teknik terakhir dalam olahraga tenis meja adalah teknik melakukan smash. Teknik ini adalah teknik paling ultimatum guna bisa mendapatkan poin supaya bisa memenangkan pertandingan dari olahraga tenis meja tersebut. Untuk teknik smash ini adalah sebuah teknik dimana kamu memukul bola dengan keras dan tajam untuk bisa mendapatkan poin. Biasanya untuk teknik smash ini terbagi dalam dua teknik yaitu teknik smash forehand dan teknik smash backhand.

Jenis-Jenis Pukulan Tenis Meja

Bagi kamu yang bukan hanya ingin bisa bermain olahraga tenis meja tapi juga memenangkannya maka kamu mesti jenis pukulan tenis meja. Bukan tanpa alasan karena jenis-jenis pukulan inilah yang akan membantu kamu dalam mendapatkan poin kemenangan. Lantas apa saja sih jenis pukulan yang ada di tenis meja? Berikut ini jawabannya.

1. Pukulan Drive adalah jenis pukulan pertama pada olahraga tenis yang memiliki ciri khas menggunakan ayunan tangan yang panjang.

2. Pukulan Push adalah jenis pukulan berikutnya yang berguna untuk membalas pukulan backspin dari lawan. Jenis pukulan ini sendiri berguna untuk membuat bola net menjadi tidak terlalu tinggi.

3. Pukulan Chop adalah adalah jenis pukulan yang cocok bagi kamu yang sedang fokus bermain bertahan dan tidak ingin kehilangan poin terus.

4. Pukulan Block adalah jenis pukulan yang berguna untuk menahan serangan ataupun pukulan dari pihak lawan.

5. Pukulan Service adalah jenis pukulan yang sepertinya dikenal luas oleh banyak orang. Soalnya jenis pukulan ini adalah pukulan yang berguna untuk memulai pertandingan.

Ukuran Lapangan Tenis Meja

Ukuran Lapangan Tenis Meja Standar Nasional Internasional

Nah, bagi kamu yang ingin menjajal jenis olahraga yang satu ini maka persiapkan persiapan yang matang terlebih dulu. Dalam arti kata lain, kamu tidak bisa sembarangan dalam memainkan permainan ini. Ada beberapa persiapan yang mesti dilakukan termasuk mempersiapkan lapangan tenis meja terlebih dulu. Tanpa adanya lapangan tenis meja ini maka pasti kamu tidak bisa bermain olahraga tenis meja seperti yang diinginkan. Jadi pastikan bahwa kamu sudah mempersiapkan lapangan tenis meja yang sudah sesuai dengan standar. Lantas apa saja sih standar dari lapangan tenis meja ini? Bagi kamu yang belum tahu, ada beberapa standar lapangan tenis meja seperti berikut ini.

Ukuran Lapangan

Panjang lapangan : 274 cm

Lebar lapangan : 152,5 cm

Tebal garis sisi : 2 cm

Tinggi meja dari lantai lapangan : 76 cm

Luas lapangan : 4,1785 meter persegi

Tiang Net dan Jaring Net

Untuk panjang net: 183 cm

Untuk tinggi net: 15,25 cm

Jarak meja hingga sampai ke tiang: 15,25 cm

Ukuran luas net: 0,279075 meter persegi.

Induk Organisasi Tenis Meja

Mengetahui hal-hal mendasar tentang olahraga tenis meja memang hal penting. Namun kamu juga jangan puas hanya berhenti di situ saja pemahaman akan olahraga tenis meja ini. Ada baiknya perkaya dengan wawasan lebih luas lagi akan olahraga tenis meja ini. Termasuk mengetahui induk organisasi tenis meja ini. Induk organisasi inilah yang berguna mengatur cabang olahraga tenis meja di seluruh dunia. Untuk yang dunia maka induk organisasi tenis meja dipegang oleh International Table Tenis Federation atau (ITTF). Sedangkan untuk organisasi di Indonesia maka dipegang oleh Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia atau biasa disingkat PTMSI.

Peraturan Permainan Tenis Meja

Induk organisasi tersebutlah yang kemudian membuat peraturan pada permainan tenis meja. Daftar peraturan yang tentunya mesti dipatuhi oleh setiap atlet yang mengikuti cabang olahraga yang satu ini. Sebenarnya peraturan dari cabang olahraga tenis meja ini sendiri tidak rumit. Untuk lebih mempermudahnya, bisa diurai seperti berikut ini.

1. Urutan Permainan Tenis Meja

Dalam permainan tenis meja ternyata ada urutan yang mesti dipatuhi. Urutan tersebut adalah proses pengambilan bola yang mesti dilakukan secara bergantian. Permainan dimulai ketika servis bola dilakukan dan diterima oleh pihak lawan.

2. Satu Let Permainan Tenis Meja

Seringkali dalam sebuah pertandingan tenis meja terjadi reli panjang yang memakan waktu. Reli panjang ini akan dinyatakan menjadi let apabila sesuai peraturan atau keputusan wasit.

3. Satu Set Permainan Tenis Meja

Dalam olahraga tenis dikenal satu set ketika pemain lawan berhasil mendapatkan 11 poin dengan kondisi pemain lawan yang sudah tertinggal 2 poin.

4. Penentuan Urutan

Dalam posisi servis atau permulaan permaianan maka terlebih dulu dilakukan penentuan. Penentuan ini mesti dilakukan sebelum pertandingan supaya nantinya lebih memudahkan pertandingan.

Cara Bermain Tenis Meja

Dengan mengetahui peraturan permainan maka sekarang kamu sudah siap untuk mengetahui cara bermain tenis meja. Perlu diingat bahwa untuk olahraga tenis meja terbagi dalam dua tipe yaitu permainan ganda dan juga permainan tunggal. Dalam setiap tipe tersebut tentunya memiliki cara bermainnya masing-masing.

Cara Bermain Permainan Ganda

  • Poin didapatkan ketika bola mati.
  • Ketika poin sampai lima maka servis akan dilakukan secara bergantian
  • Bola yang diterima dari lawan akan dilakukan secara bergantian.

Cara Bermain Permainan Tunggal

  • Bola yang mati akan menghasilkan poin bagi pemainnya
  • Servis dilakukan secara bergantian
  • Pemukul bola boleh melakukan servis ke setiap sudut lapangan

Peralatan Tenis Meja

Kamu sudah sampai di bagian terakhir yaitu peralatan tenis meja. Peralatan tenis meja ini tergolong penting agar permainan bisa berjalan lancar. Tidak perlu rumit karena peralatan tenis meja seperti bet, meja, net hingga bola tentunya adalah peralatan yang mudah untuk ditemukan. Bahkan kamu juga bisa membelinya langsung di toko perlengkapan olahraga.

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat kamu lebih paham tentang seluk beluk olahraga tenis yang menarik. Bagi kamu yang tertarik mencobanya maka sekarang adalah waktu yang paling tepat. Apalagi bagi kamu yang bahkan tertarik menjadi seorang atlit tenis meja yang andal.

Artikel lainnya : Aliamaharani – Bisnis Import barang cina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *