Sejarah Lengkap Kerajaan Majapahit yang Belum Banyak Diketahui

Sejarah negara Indonesia memang seakan tidak ada habisnya apabila dibicarakan. Apalagi kalau mengingat bahwa sejarah negara Indonesia memang terbilang sangat panjang. Bukan hanya berhenti pada terbentuknya negara Indonesia itu sendiri tapi lebih jauh lagi. Terutama di masa kerajaan yang tentunya tidak bisa dilepaskan dari sejarah negara Indonesia. Hal tersebut tidak bisa dilepaskan dari fakta bahwa di negara Indonesia sendiri dahulu kala terdapat banyak sekali kerajaan-kerajaan yang ada di nusantara. Dari sekian banyak kerajaan tersebut maka tentunya nama kerajaan Majapahit akan selalu menjadi pusat perhatian. Alasannya tentu saja sangat sederhana yaitu karena Kerajaan Majapahit adalah salah satu kerajaan terbesar yang pernah ada di nusantara.

Bahkan dampak dari kerajaan Majapahit masih bisa dirasakan dari segi unsur yang ada di Indonesia. Namun sayangnya, masih banyak orang yang belum benar-benar paham sejarah kerajaan Majapahit secara lengkap. Bahkan kebanyakan orang hanya mengenal secara sekilas saja sejarah atau bahkan hanya mengenal namanya saja. Bagi kamu yang penasaran dan ingin tahu, akan dijelaskan sejarah lengkap kerajaan Majapahit yang belum banyak diketahui seperti berikut ini.

Peninggalan Kerajaan Majapahit

peninggalan raja majapahit

Membicarakan sejarah Kerajaan Majapahit tentunya tidak bisa dilepaskan dari berbagai peninggalan yang mereka miliki. Berstatus sebagai Kerajaan terbesar tentunya membuat Kerajaan Majapahit  memiliki banyak sekali peninggalan berharga sebagai bentuk bahwa kekuasaan pernah ada di negeri ini. Nah untuk lebih mudahnya, peninggalan dari Kerajaan Majapahit tersebut akan diurai dalam beberapa poin seperti ini.

1. Situs Trowulan

Peninggalan pertama dari Kerajaan Majapahit ini adalah adanya situs Trowulan seperti yang satu ini. Bagi kamu yang tinggal di area Mojokerto maka pastinya sudah tidak asing lagi dengan situs yang satu ini. Situs ini sendiri ditemukan pada tahun 1815 atas perintah langsung dari Thomas Stamford R.

2. Candi Sukuh

Berikutnya adalah candi Sukuh yang memiliki keunikan yaitu warna merah pada bagian sekitar piramidnya. Warna merah inilah yang kemudian membuat candi ini terlihat unik dibandingkan dengan jenis candi yang lainnya. Bagi kamu yang ingin melihatnya langsung maka bisa langsung mengeceknya di Desa Berjo, Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah.

3. Candi Jabung

Candi Jabung tidak bisa dilepaskan begitu saja dari sejarah panjang yang dimiliki oleh Kerajaan Majapahit. Hal tersebut dapat terlihat ketika Candi Jabung ini berhasil ditemukan di Desa Jabung yang berada di Probolinggo, Jawa Tengah. Salah satu keunikan yang paling menonjol dari Candi Jabung ini adalah batu bata warna merah yang menyusun candi ini. Bahkan setiap orang yang datang mengunjungi candi ini maka pastinya setuju bahwa corak merah tersebutlah yang malah menarik perhatian banyak pengunjung.

4. Gapura Bajang Ratu

Dalam keagamaan, gapura dianggap sebagai bangunan suci karena memiliki fungsi yaitu sebagai pintu masuk ke arah bangunan untuk kegiatan spiritual atau keagamaan. Namun khusus untuk Gapura Bajang Ratu ini memang memiliki keistimewaan khusus. Keistimewaan khusus tersebut adalah status Gapura Bajang Ratu yang merupakan gapura terbesar di Kerajaan Mataram. Tidak heran, apabila bangunan gapura ini lebih dikenal daripada jenis bangunan gapura yang lainnya.

5. Candi Brahu

Sepertinya Candi Brahu yang dianggap memiliki aura paling mistis dibandingkan dengan bangunan peninggalan lainnya dari Kerajaan Majapahit. Hal tersebut tidak lepas karena fungsi Candi Brahu dulunya adalah tempat pembakaran jenazah raja-raja dari Kerajaan Majapahit.

Another Article :  5+ Hal yang Berhubungan dengan Pencemaran Udara

Sejarah Kerajaan Majapahit

Apabila kamu sudah mengetahui berbagai peninggalan yang dimiliki oleh Kerajaan Majapahit maka rasanya akan kurang apabila tidak mengetahui sejarahnya. Soalnya Kerajaan Majapahit tentunya tidak akan dikenal sebagai kerajaan yang besar tanpa adanya sejarah besar yang dimiliki. Untuk itulah, penting bagi kamu untuk mengetahui sejarah Kerajaan Majapahit ini secara lengkap. Sejarah tersebut diawali pada tahun sekitar 1293 ketika Raden Wijaya diangkat menjadi raja. Kemudian awalnya Kerajaan Majapahit memiliki kerajaan utama yang berpusat di Mojokerto, Jawa Timur.

Kerajaan Majapahit mengalami puncak kejayaannya ketika berada di bawah pimpinan Raja Hayam Wuruk dan Maha Patihnya yaitu Gajah Mada. Tidak tanggung-tanggung karena Kerajaan Majapahit ini bisa menguasai hampir seluruh wilayah di nusantara. Tidak berhenti sampai di situ saja, karena kekuasaan dari Kerajaan Majapahit bahkan menyerempet hingga ke negeri tetangga seperti Singapuran hingga Malaysia Namun setelah wafatnya, Raja Hayam Wuruk maka kejayaan dari Kerajaan Majapahit mulai meredup.

Runtuhnya Kerajaan Majapahit

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa setelah kepergian dari Raja Hayam Wuruk nyatanya Kerajaan Majapahit mulai memasuki masa-masa yang suram. Hal tersebut tidak lepas karena belum ada sosok raja yang mampu menandingi kepimpinan luar biasa dari Hayam Wuruk. Bahkan setelah kepergian Hayam Wuruk, nyatanya terjadi perebutan kekuasaan di tahta Kerajaan Majapahit sehingga menyebabkan perang saudara.

Jelas saja, kondisi perang saudara melemahkan pasukan dan kekuatan dari Kerajaan Majapahit. Kekuatan  Kerajaan Majapahit yang dulu ditakuti ternyata perlahan mulai terkikis. Sesuatu yang jelas dimanfaatkan oleh pihak lawan untuk menjatuhkannya. Keterpurukan tersebut semakin menjadi ketika Kerajaan-Kerajaan Islam mulai bermunculan di nusantara. Semua kombinasi yang membuat Kerajaan Majapahit semakin terpuruk hingga kemudian runtuh.

Letak Kerajaan Majapahit

Meskipun nama Kerajaan Majapahit dikenal luas oleh banyak orang tapi ternyata masih banyak orang yang belum paham terlalu mendetail tentang kerajaan ini. Termasuk mengetahui letak atau lokasi dari kerajaan ini. Nah bagi kamu yang belum tahu, letak Kerajaan Majapahit ini sendiri berada di dekat Sungai Brantas atau lebih tepatnya berada di tepinya. Sekaligus dibangun langsung di atas Hutan Terik yang memang terkenal. Pembanguanan kerajaan di dekat sungai Brantas nyatanya  memiliki tujuannya sendiri. Tujuan tersebut adalah untuk menjadikan sungai Brantas ini sebagai pintu keluar masuk kerajaan secara jauh lebih mudah. Selama ini masih banyak yang beranggapan bahwa pembangunan kerajaan di dekat sungai brantas sebagai perlindungan. Namun nyatanya anggapan tersebut salah karena lokasi dekat sungai dijadikan pintu masuk yang jauh lebih mudah dipilih.

Peta Kerajaan Majapahit

peta Majapahit

Untuk peta Kerajaan Majapahit yang digambar secara konvensional memang belum pernah diciptakan secara mendetail. Namun lokasinya berada di Trowulan, Mojokerto, Provinsi Jawa Timur. Bukan isapan jempol belaka karena pada daerah Trowulan tersebut ditemukan banyak sekali prasasti dan juga peninggalan dari Kerajaan Majapahit. Semua hal tersebut tentunya menjadi bukti bahwa Kerajaan Majapahit pernah berada di sana.

Selain itu, perlu menjadi catatan khusus bahwa peta persebaran kekuaran Kerajaan Majapahit terbilang sangat merata di wilayah nusantara. Hal tersebut tidak bisa dilepaskan dari fakta bahwa Kerajaan Majapahit adalah kerajaan besar yang menyatukan nusantara dalam kekuasaannya yang absolut. Kekuasannya bukan terfokus pada daerah Jawa saja tapi juga sudah menyebar ke berbagai daerah di pelosok nusantara.

Silsilah Kerajaan Majapahit

Untuk memahami sejarah Kerajaan Majapahit maka mustahil tanpa mengetahui silsilah kerajaannya. Soalnya silsilah inilah yang kemudian akan mengungkapkan proses perpindahan antara satu singgasana penguasa ke singgasana penguasa lainnya seperti berikut.

  • Raden Wijaya adalah raja pertama sekaligus pendiri Kerajaan Majapahit
  • Jayanegara adalah putra dari Raden Wijaya dari selirnya yang kemudian memangku gelar Raja Kedua dari Kerajaan Majapahit
  • Dyah Gitarja adalah sosok yang diangkat dari Raja berikutnya karena Jayanegara tidak memiliki keturunan.
  • Hayam Wuruk adalah Raja yang paling terkenal karena dianggap membawa Kerajaan Majapahit di puncak tertingginya.
  • Wikaramawardhana adalah Raja pengganti dari Hayam Wuruk yang ternyata adalah suami dari putri Hayam Wuruk karena beliau yang tidak memiliki putra.
  • Suhita menggantikan Raja sebelumnya yang kembali tidak memiliki putra.
  • Kertawijaya menjadi Raja berikutnya karena statusnya sebagai putra dari selir Wikaramawardhana.
  • Rajasawardhana adalah Raja yang dianggap kontroversial karena mendapatkan singgasana kekuasannya karena berseteru dengan saudaranya sendiri.
  • Purwawisesa adalah Raja yang diingat karena menduduki kekuasaan Kerajaan Majapahit setelah tiga tahun lamanya terjadi kekosongan penguasa.
  • Bhre Pandalanas adalah Raja berikutnya yang tergolong singkat menjadi raja karena digantikan oleh sepupunya sendiri.
  • Bhre Kertabumi yang menjadi Raja tidak lama setelah kemudian di ditumbangkan oleh putranya sendiri.
  • Girindrawardhana adalah Raja yang berkuasa ketika Kerajaan Demak sudah mulai menunjuk kekuasaanya.
  • Hudhara adalah Raja terakhir dari Kerajaan Majapahit sebelum kerajaan tersebut benar-benar runtuh dan tidak bersisa.
Another Article :  Ukuran Kertas: Fungsi dan Jenis Kertas

Pendiri Kerajaan Majapahit

Membicarakan sejarah Kerajaan Majapahit tanpa mengungkap pendiri kerajaan ini tentunya adalah hal yang sangat tidak relevan dan akan terasa kurang. Bagi kamu yang belum tahu, pendiri Kerajaan Majapahit adalah sosok Raden Wijaya yang terkenal ini. Beliau adalah putra dari Rakyan Jayadarma dengan istrinya yaitu Dyah Lembu Tal. Bisa dibilang, awal mula sosok Raden Wijaya bisa menjadi raja pertama dari Kerajaan Majapahit tidak lepas dari sebuah tragedi.

Tragedi tersebut adalah ketika ayahnya yaitu Rakyan Jayadarma ternyata diracun hingga meninggal oleh musuhnya. Ibu dari Raden Wijaya yang merasa sedang dalam kondisi bahaya lantas membawa putranya tersebut Singhasari. Padahal apabila tidak ada peristiwa tragis tersebut maka sebenarnya Raden Wijaya akan diangkat menjadi raja ke 27 dari Kerajaan Sunda Galuh. Namun kemudian Raden Wijaya membentuk daerah kekuasaannya sendiri dan kemudian menjadi Raja pertama dari Kerajaan Majapahit yang dikenal hingga sekarang ini.

Prasasti Kerajaan Majapahit

Prasasti Kudadu

Apabila mengingat Kerajaan Majapahit yang sudah lama terkubur pastinya membuat banyak orang penasaran: kenapa masih banyak yang terungkap dari sejarah di baliknya? Hal tersebut tidak lepas karena adanya prasasti Kerajaan Majapahit. Prasasti ini sendiri tak ubahnya sumber informasi yang berhubungan dengan Kerajaan Majapahit itu sendiri. Ada beberapa prasasti peninggalan Kerajaan Majapahit seperti berikut.

  • Prasasti Kudadu (1294 M)
  • Prasasti Sukamerta (1296 M)
  • Prasasti Waringin Pitu (1447 M)
  • Prasasti Canggu (1358 M)
  • Prasasti Biluluk 1 (1366 M)
  • Prasasti Karang Bogem (1387 M)
  • Prasasti Marahi Manuk
  • Prasasti Alasantan (939 M)
  • Prasasti Kamban (941 M)
  • Prasasti Hara-Hara (966 M)
  • Prasasti Wurare (1289 M)

Kehidupan Politik Kerajaan Majapahit

Membicarakaan sebuah kerajaan tentunya tidak bisa dilepaskan dari berbagai politik di dalamnya. Hal yang sama untuk kehidupan politik yang terjadi Kerajaan Majapahit. Bisa dibilang, kehidupan politik yang terjadi di Kerajaan Majapahit penuh dengan intrik dan juga penuh trik licik. Bahkan proses berdirinya Kerajaan Majapahit penuh dengan berbagai intrik hingga kemudian dikenal sebagai salah satu kerajaan terbesar di nusantara.

Salah satu intrik politik terbesar dari Kerajaan Majapahit adalah seringnya terjadi perebutan kekuasan untuk bisa merebut kursi tahta kerajaan ini. Terbukti dengan beberapa kali pecahnya perang saudara yang terjadi di Kerajaan Majapahit ini. Nyatanya perang saudara tersebut jugalah yang melemahkan kekuatan Kerajaan Majapahit sehingga mudah untuk diruntuhkan oleh musuh-musuhnya. Apalagi dengan kondisi kerajaan Islam yang makin berkuasa di daerah Demak.

Masa Kejayaan Kerajaan Majapahit

Lepas dari segala intrik politik yang merugikan sebenarnya Kerajaan Majapahit sebagai kerajaan terbesar pernah berada di puncak kejayaannya. Masa kejayaan dari kerajaan ini benar-benar berada di puncaknya ketika masa pimpinan dari Hayam Wuruk. Beliau dikenal sebagai raja yang kuat, berkharisma dilengkapi dengan kemampuan memimpin yang luar biasa. Belum ditambah dengan kehadiran Patih Gajah Mada yang sangat terkenal di seluruh nusantara.

Another Article :  Mengenal Seluk Beluk Olahraga Tenis Meja yang Menarik

Kombinasi kepimpinan mereka berdualah yang membawa kejayaan pada Kerajaan Majapahit. Hal tersebut dibuktikan dengan kesejahteraan yang berhasil didapatkan oleh para rakyat dan juga wilayah kekuasaan dari kerajaan ini yang terus meluas. Bukan lagi hanya berpusat di daerah Jawa tapi juga telah meluas hingga ke beberapa daerah di luar Jawa.

Raja-Raja Kerajaan Majapahit

Sebagai pemangku jabatan tertinggi dari sebuah kerajaan maka tentunya raja akan selalu diingat oleh banyak pihak dalam waktu lama. Hal tersebut tidak terkecuali untuk raja-raja yang pernah memimpin Kerajaan Majapahit. Namun dari sekian banyak raja tersebut, ada beberapa raja Kerajaan Majapahit yang bisa dibilang paling terkenal. Pertama adalah Raja Raden Wijaya yang merupakan raja pertama sekaligus pendiri Kerajaan Majapahit. Berikutnya adalah Raja Hayam Wuruk yang membawa masa kejayaan untuk Kerajaan Majapahit hingga dikenal seperti sekarang ini. Sedangkan raja terakhir yaitu Kartabumi yang menjabat sebagai raja sebelum Kerajaan Majapahit benar-benar runtuh.

Lambang Kerajaan Majapahit

lambang majapahit

Selama ini kebanyakan orang lebih mengenal Kerajaan Majapahit dari segi sejarahnya saja. Satu hal yang mungkin belum banyak orang tahu adalah Kerajaan Majapahit ini ternyata memiliki lambang kerajaannya sendiri. Lambang tersebut bernama Surya Majapahit yang memiliki bentuk serupa matahari yang bersinar terang dengan delapan sudut di setiap sisinya. Lantas di bagian tengahnya sendiri terdapat Dewa-Dewa adalam kepercayaan agama Hindu. Hal tersebut tentunya tergolong wajar apabila mengingat bahwa Kerajaan Majapahit berdiri ketika agama Hindu masih kuat di nusantara.

Kehidupan Sosial Kerajaan Majapahit

Tentunya dibuatnya sebuah kerajaan memiliki tujuan untuk bisa mensejahterakaan para rakyatnya. Tujuan tersebutlah yang berhasil dicapai oleh Kerajaan Majapahit di masa kejayaannya. Hal tersebut terbukti dari kehidupan sosial Kerajaan Majapahit yang aman, damai dan juga sejahtera. Dengan kondisi sosial yang aman tersebut maka tidak heran apabila kemudian banyak sekali karya yang dihasilkan oleh warga Kerajaan Majapahit. Sebut saja seperti candi, prasasti hingga gapura kerajaan.

Perkembangan Kerajaan Majapahit

Apabila kamu merasa kalau sejarah Kerajaan Majapahit terlalu rumit maka pastinya kamu ingin tahu perkembangan Kerajaan Majapahit secara lebih ringkas. Untuk perkembangan lebih ringkas ini diawali dengan raja pertama Kerajaan Majapahit yaitu Raden Wijaya yang membangun kerajaan ini. Lantas Kerajaan Majapahit mengalami masa kejayaannya ketika dipimpin oleh Raja Hayam Wuruk. Sepeninggal Raja Hayam Wuruk, Kerajaan Majapahit mengalami kemunduran hingga akhirnya benar-benar runtuh ketika dipimpin oleh raja terakhirnya yaitu Raja Hudhara.

Bukti Kerajaan Majapahit

Sedangkan hal terakhir yang mesti kamu ketahui dari Kerajaan Majapahit adalah bukti bahwa Kerajaan Majapahit ini memang pernah benar-benar ada. Supaya kamu tidak beranggapan bahwa keberadaan dari Kerajaan Majapahit ini hanyalah sekadar dongeng semata. Berikut ini ada beberapa bukti bahwa Kerajaan Majapahit memang benar-benar ada dan bukan hanya sekadar legenda.

1. Keberadaan Satelit Palapa

2. Ditemukannya lambang Kerajaan Majapahit yaitu Surya Majapahit

3. Peninggalan fisik seperti candi, gapura hingga prasasti yang menujuk keberadaan Kerajaan Majapahit adalah bukti yang sudah tidak bisa disanggah lagi.

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat kamu lebih tahu tentang sejarah lengkap yang belum banyak diketahui. Jadi nantinya kamu akan jadi pribadi yang lebih menghargai sejarah dan tidak lagi antipati terhadap peninggalan para leluhur nusantara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *